Minggu, 01 Desember 2013

5P MANAJEMEN :)

Manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang lain dengan pelak sanaan fungsi-fungsi 5 P, yaitu:
1. Perencanaan (planning).
2. Pengorganisasian (organizing).
3. Penyusunan personalia (staffing).
4. Pengarahan dan kepemimpinan (leading).
5. Pengawasan (controlling).
Dua fungsi lain dapat ditambahkan yaitu Pengkomunikasian dan Pemotivasian.
(Downey. W.D. dan Steven., 1992).
1.      Perencanaan (planning)
            Suatu tahap awal produsen petani atau perusahaan untuk melakukan usahataninya, sehingga  usaha dapat berjalan dengan lancar dan terstruktur. Ketika pada tahap ini tidak dilakukan maka petani atau perusahaan akan merasa kesulitan untuk menentukan usahatani kedepannya.
2.      Pengorganisasian (organizing).
            Pada tahap ini, perusahaan atau produsen petani melakukan pengelompokan hal-hal yang berhubungan dengan usahataninya.
3.      Penyusunan personalia (staffing).
            Penyusunan personalia sangat diperlukan pada suatu usahatani karena dapat memudahkan pengawas untuk melakukan pengontrolan. Penyusunan personalia merupakan pembagian tugas-tugas sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
4.      Pengarahan dan kepemimpinan (leading).
            Pengarahan dan kepemimpinan yang bertujuan untuk memonitor jalannya suatu usahatani. Serta sebagai pengambil keputusan untuk kemajuan usahatani yang sedang dijalankan.
5.      Pengawasan (controlling)

            System pengarahan yang dilakukan untuk mengawasi usahatani, dari kinerja tenaga kerja maupun yang lain yang mencakup ruang lingkup usahatani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar